Merek / Merk / Brand
Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan
di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau
perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk
jasa lainnya. Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam
masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari
pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek yang tinggi.
Dengan adanya merek yang membuat produk yang satu beda
dengan yang lian diharapkan akan memudahkan konsumen dalam menentukan produk
yang akan dikonsumsinya berdasarkan berbagai pertimbangan serta menimbulkan
kesetiaan terhadap suatu merek (brand loyalty). Kesetiaan konsumen terhadap
suatu merek atau brand yaitu dari pengenalan, pilihan dan kepatuhan pada suatu
merek.
Merek dapat dipahami lebih dalam pada tiga hal berikut ini :
- Brand name (nama)
- Mark (simbol)
- Trade character (karakter dagang)
Contohnya Unilever (NYSE: UN; LSE: ULVR) adalah perusahaan
multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda (dengan nama Unilever
N.V.) dan London, Inggris (dengan nama Unilever plc.) memiliki lebih dari 400
merek dagang, dengan 14 merek diantaranya memiliki total penjualan lebih dari
£1 milliar, yakni : Axe, Dove, Omo, Becel, Heartbrand, Hellmann's, Knorr,
Lipton, Lux, Magnum, Rama, Rexona, Sunsilk dan Surf.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar